Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Kata di Excel

Ada satu opsi yang selalu saya harap dimiliki Excel dan itu penting jumlah kata dari sel. Jika Anda bekerja di MS Word ada built-in opsi pada bilah status yang menunjukkan kepada Anda berapa banyak kata yang ada di lembaran.

Tetapi ketika berbicara tentang Excel, tidak ada opsi untuk menghitung kata. Kamu bisa hitung jumlah sel yang memiliki teks tapi bukan kata-kata yang sebenarnya di dalamnya. Seperti yang Anda ketahui, di Excel, kami memiliki fungsi dan Anda dapat menggunakannya untuk menghitung hampir semuanya. Anda dapat membuat rumus yang dapat menghitung kata dari sel.

1. Hitung Kata dari Satu Sel

Untuk menghitung kata dari sel, Anda perlu menggabungkan fungsi LEN dengan fungsi PENGGANTI. Dan rumusnya adalah (Teks ada di sel A1):

=LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1,” “,””))+1

Saat Anda merujuk ke sel menggunakan rumus ini, itu akan mengembalikan 7 dihasil. Dan ya, Anda memiliki total 7 kata di dalam sel.

Bagaimana cara kerjanya?

Sebelum masuk ke rumus ini pikirkan saja seperti ini. Dalam kalimat normal jika Anda memiliki delapan kata maka Anda pasti akan memiliki 7 spasi dalam kata-kata itu. Benar?

Itu berarti Anda akan selalu memiliki satu kata lebih banyak daripada spasi. Idenya adalah sederhana: Jika Anda ingin menghitung kata, hitung spasi dan tambahkan satu di mereka. Sekarang, untuk memahami rumus ini, Anda perlu membaginya menjadi tiga bagian.

Pada bagian pertama, Anda telah menggunakan fungsi LEN untuk menghitung jumlah karakter dari sel A1. Dan di bagian kedua dan ketiga, Anda memiliki menggabungkan PENGGANTI dengan LEN ke hapus spasi dari sel dan kemudian menghitung karakter. Pada titik ini, Anda memiliki persamaan seperti ini.

Jumlah total karakter dengan spasi dan jumlah total karakter tanpa spasi. Dan ketika Anda mengurangi kedua angka mendapatkan jumlah spasi dan pada akhirnya, Anda harus menambahkan satu ke dalamnya. Ini mengembalikan 7 dalam hasil yang merupakan jumlah total kata dalam sel.

=IF(ISBLANK(A2),0,LEN(A2)-LEN(SUBSTITUTE(A2,” “,””))+1)

Rumus ini pertama-tama akan memeriksa sel dan hanya mengembalikan jumlah kata jika ada nilai di dalam sel.

2. Menggunakan UDF

Terlepas dari rumus di atas, saya telah menulis kode kecil untuk buat UDF untuk ini. Kode ini akan membantu Anda membuat fungsi khusus yang hanya akan mengembalikan jumlah kata. Singkatnya, Anda tidak perlu menggabungkan fungsi apa pun.

Function MyWordCount(rng As Range) As Integer
MyWordCount = UBound(Split(rng.Value, ” “), 1) + 1
End Function

Biarkan saya memberi tahu Anda cara menggunakannya.

  1. Pertama-tama, masukkan kode ini di editor VBA.
  2. Dan kemudian kembali ke lembar kerja Anda, dan masukkan “=MyWordCount(” dan merujuk ke sel di mana Anda memiliki nilai.

Dan itu akan mengembalikan jumlah kata.

 

3. Hitung Kata dari Rentang Sel

Sekarang mari kita datang ke tingkat berikutnya. Dan di sini Anda perlu menghitung kata dari rentang sel, bukan satu sel. The good news is Anda hanya perlu menggunakan rumus yang sama (hanya perubahan sederhana) yang telah Anda gunakan di atas. Dan rumusnya adalah:

=SUMPRODUCT(LEN(A1:A11)-LEN(SUBSTITUTE(A1:A11,” “,””))+1)

Dalam rumus di atas, A1:A11 adalah rentang sel dan ketika Anda memasukkan rumus, hasilnya adalah 77.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Rumus ini bekerja dengan cara yang sama seperti metode pertama bekerja tetapi hanya sedikit kemajuan. Satu-satunya perbedaan adalah Anda telah membungkusnya dalam SUMPRODUCT dan merujuk ke seluruh rentang alih-alih satu sel.

Tahukah Anda bahwa SUMPRODUCT dapat mengambil array? Jadi, ketika Anda menggunakannya, ia mengembalikan array di mana Anda memiliki jumlah kata untuk setiap sel. Dan pada akhirnya, itu menjumlahkan jumlah itu dan memberi tahu Anda jumlah kata di kolom.

4. Jumlah Kata dari Seluruh Lembar Kerja

Kode ini adalah salah satu dari kode makro yang berguna yang saya gunakan dalam pekerjaan saya, dan ini dapat membantu Anda menghitung semua kata dari lembar kerja.

Sub Word_Count_Worksheet()

Dim WordCnt As Long
Dim rng As Range
Dim S As String
Dim N As Long

For Each rng In ActiveSheet.UsedRange.Cells
S = Application.WorksheetFunction.Trim(rng.Text)
N = 0

If S <> vbNullString Then
N = Len(S) – Len(Replace(S, ” “, “”)) + 1
End If

WordCnt = WordCnt + N

Next rng

MsgBox “There are total ” & Format(WordCnt, “#,##0″) & ” words in the active worksheet”

End Sub

Saat Anda menjalankannya, itu akan menampilkan kotak pesan dengan jumlah kata yang Anda miliki di lembar kerja aktif.

Related: Apa itu VBA di Excel?

5. Hitung String Kata/Teks Tertentu dari Rentang

Di sini Anda memiliki situasi yang berbeda. Katakanlah Anda perlu menghitung kata tertentu dari rentang sel atau untuk memeriksa berapa kali nilai muncul di kolom.

Ambil contoh ini: Di bawah ini Anda memiliki rentang empat sel dan dari rentang ini, Anda perlu menghitung hitungan kemunculan kata “Senin”.

Untuk ini, rumusnya adalah:

=SUMPRODUCT((LEN(D6:D9)-LEN(SUBSTITUTE(D6:D9,”Monday”,””)))/LEN(“Monday”))

Dan ketika Anda memasukkannya, itu kembali ke hitungan kata “Senin”. Hasilnya 4.

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk memahami fungsi ini, sekali lagi Anda perlu membaginya menjadi empat bagian. Di bagian pertama, fungsi LEN mengembalikan larik jumlah karakter dari sel.

Bagian kedua mengembalikan array jumlah karakter dari sel dengan menghapus kata “Senin”.

Di bagian ketiga, fungsi LEN mengembalikan panjang karakter kata kerja “Senin”.

Setelah itu, kurangi bagian satu dari bagian dua dan kemudian bagi dengan bagian tiga itu mengembalikan array dengan jumlah kata “Senin” dari setiap sel.

Di bagian keempat, SUMPRODUCT mengembalikan jumlah array ini dan memberikan hitungan “Senin” dari jangkauan.

 

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Kata di Excel"